Selasa, 10 Januari 2012

Bukti Sejarah Kerajaan di Museum Talaga Manggung


Museum merupakan tempat yang paling ideal dan tepat jika Anda bemaksud ingin menapaktilasi sesuatu. Karena berbagai benda dan peninggalan suatu masa atau zaman bisa tersimpan secara rapi dan terpelihara dalam sebuah museum. Museum juga menjadi dokumentasi paling komprehensif ihwal eksistensi atau kejayaan sejarah masa silam. Demikian rupanya yang terjadi pada Museum Talaga Manggung yang difungsikan sebagai tempat penyimpanan benda-benda peninggalan Kerajaan Talaga Manggung.
Di museum ini berbagai peninggalan sejarah Kerajaan Talaga Manggung seperti kereta kencana, peralatan perang, maupun alat kesenian khas kerajaan di masa jayanya menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Benda-benda yang sudah dianggap pusaka itu tak hanya disimpan namun ada ritual khusus secara rutin yakni upacara pemandian benda-benda tersebut di hari-hari tertentu yang juga menjadi daya pikat signifikan para pengunjung.
Rata-rata mereka yang berkunjung kesini ialah pelajar dari berbagai sekolah yang ingin melihat, mengamati bahkan menganalisis benda-benda kerajaan tersebut. Mereka yang datang kesini bisa berekreasi budaya sambil belajar dan melahap ilmu pengetahuan khususnya berkaitan dengan sejarah. Eksplorasi mengenai bukti-bukti eksistensi dan kejayaan Kerajaan Talaga Manggung pun secara hampir sempurna bisa ditemukan disini.
Sejarah
Sebagaimana diketahui bahwa meseum yang masih berdiri kokoh ini adalah peninggalan sekaligus patilasan Kerajaan Talaga Manggung yang pernah ada di Majalengka sejak 1371 – 1819 SM. Penamaan Kerajaan Talaga didasarkan pada letak kerajaan yang berdekatan dengan sebuah talaga atau oleh masyarakat setempat disebut Situ Sangiang. Kerajaan Talaga ialah kerajaan besar yang bercorakkan Buddhisme yang didirikan oleh Sang Sudayasha.
Lokasi
Museum Talaga Manggung berada di Desa Talaga Wetan, Kecamatan Talaga, sekitar 26 km dari Kota Majalengka, Jawa Barat – Indonesia.

1 komentar:

Thanks ya gan blog ini membantu saya sekali .................



bisnistiket.co.id

Posting Komentar